Jumat, 12 Februari 2010

penemu restleting

Elias Howe, yang menemukan mesin jahit menerima paten pada tahun 1851 untuk sebuah 'Otomatis, Continuous Busana Penutupan. " Mungkin itu adalah keberhasilan mesin jahit, yang menyebabkan tidak Elias pemasaran mengejar pakaiannya penutupan. Akibatnya, Howe kehilangan kesempatan untuk menjadi yang dikenali 'Bapa dari Zip. "

Empat puluh empat tahun kemudian, Mr Whitcomb Judson (yang juga menciptakan 'Pneumatic Street Railway') dipasarkan sebuah 'Clasp Locker' sebuah perangkat yang mirip dengan Howe 1851 paten. Menjadi yang pertama ke pasar Whitcomb memberikan kredit menjadi 'Penemu dari Zipper', Namun, 1.893 paten tidak menggunakan kata ritsleting. Chicago penemu's 'Clasp Locker' adalah rumit kait-dan-mata sepatu fastener. Bersama-sama dengan pengusaha Kolonel Lewis Walker, Whitcomb diluncurkan Universal Fastener Company untuk memproduksi perangkat baru. Gesper loker mempunyai debut publik pada 1893 Chicago World's Fair dan bertemu dengan sukses komersial kecil.


Ilustrasi: Whitcomb Judson's clasp loker

Swedia-lahir (yang kemudian berimigrasi ke Kanada), Gideon Sundback, seorang insinyur listrik, dipekerjakan untuk bekerja untuk Universal Fastener Company. Keterampilan dan desain yang baik perkawinan ke pabrik-putri manajer Elvira Aronson dipimpin Sundback dengan posisi kepala desainer di Universal. Dia bertanggung jawab untuk memperbaiki jauh dari sempurna 'Judson C-curity Fastener. " Sayangnya, Sundback istri meninggal pada tahun 1911. Suami yang berduka menyibukkan diri di meja desain dan dengan bulan Desember 1913, ia telah merancang ritsleting modern.

Gideon Sundback meningkatkan jumlah elemen pengancing dari empat per inci sampai sepuluh atau sebelas, memiliki dua menghadap-baris gigi yang menarik ke dalam satu potong dengan slider, dan peningkatan pembukaan bagi gigi dipandu oleh slider. Paten untuk 'dipisahkan Fastener' dikeluarkan pada tahun 1917. Sundback juga menciptakan mesin produksi untuk ritsleting baru. The 'SL' atau mesin scrapless menarik khusus berbentuk Y dan memotong kawat sendok dari itu, kemudian menekan sendok lesung dan pena, dan menjepit setiap scoop on kain pita untuk menghasilkan rantai ritsleting kontinu. Dalam tahun pertama operasi, Sundback's ritsleting-membuat mesin ini menghasilkan beberapa ratus meter dari pengikat per hari.

Lihat yang asli Sundback 1917 paten untuk "dipisahkan Fastener"

Populer 'zipper' nama berasal dari BF Goodrich Company, ketika mereka memutuskan untuk menggunakan pengikat Gideon pada sebuah tipe baru sepatu karet atau galoshes dan nama perangkat ritsleting, nama yang berlangsung. Bot dan kantong tembakau dengan penutupan ritsleting adalah dua penggunaan utama ritsleting selama awal tahun. Butuh waktu dua puluh lebih tahun untuk meyakinkan industri mode serius mempromosikan novel penutupan pada pakaian.

Tahun 1930-an, sebuah kampanye penjualan mulai untuk pakaian anak-anak yang menampilkan ritsleting. Ritsleting memuji kampanye untuk mempromosikan kemandirian pada anak-anak dengan membuat memungkinkan mereka untuk berpakaian dalam pakaian swadaya. Ritsleting tombol di tahun 1937 dalam "Battle of the Fly," ketika perancang busana Perancis meracau lebih ritsleting celana dalam laki-laki. Esquire majalah menyatakan ritsleting yang "Menjahit Terbaru Ide untuk Pria" dan di antara lalat ritsleting banyak keutamaan-keutamaan adalah bahwa itu akan mengecualikan "Para Kemungkinan tidak disengaja dan Memalukan berantakan." Jelas, ritsleting celana baru pemilik belum menemukan pengalaman lupa zip-up.

Meningkatkan besar berikutnya untuk ritsleting datang ketika resleting bisa terbuka di kedua ujungnya, seperti di jaket. Hari ini ritsleting di mana-mana, dalam pakaian, koper dan barang-barang kulit dan benda-benda lain yang tak terhitung. Ribuan mil ritsleting diproduksi setiap hari, memenuhi kebutuhan konsumen, berkat upaya awal dari banyak penemu ritsleting terkenal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar