Selasa, 09 Februari 2010

penemu robot

~ 270BC insinyur Yunani kuno bernama Ctesibus membuat organ-organ dan air bergerak jam dengan angka.
1818 - Mary Shelley menulis "Frankenstein" yang menakutkan itu tentang seorang lifeform buatan yang diciptakan oleh Dr Frankenstein.
1921 - Istilah "robot" pertama kali digunakan dalam drama berjudul "RUR" atau "Rossum's Universal Robot" oleh penulis Ceko Karel Capek. Plot sederhana: pria membuat robot maka robot membunuh manusia!
1941 - Penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov pertama kali menggunakan kata "robot" untuk menggambarkan teknologi robot dan meramalkan munculnya robot industri yang kuat.
1942 - Asimov menulis "Runaround", cerita tentang robot yang berisi "Tiga Hukum Robot":
Sebuah robot tidak boleh melukai manusia, atau, melalui tidak bertindak, memungkinkan manusia untuk datang untuk menyakiti.
Sebuah robot harus mematuhi perintah itu oleh manusia kecuali di mana perintah tersebut akan conflic dengan Hukum Pertama.
Robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan Withe Pertama atau Hukum Kedua.
1948 - "Cybernetics", sebuah pengaruh pada kecerdasan buatan penelitiannya diterbitkan oleh Norbert Wiener. Perintis robotika Inggris William Grey Walter menciptakan robot Elmer dan Elsie yang meniru perilaku manusia hidup sangat sederhana dengan menggunakan elektronik.
George Devol dan Joe Engleberger menciptakan robot diprogram pertama lengan dan menciptakan istilah Universal Otomasi untuk pertama kalinya.
1956 - George Devol dan Joseph Engelberger membentuk robot pertama di dunia perusahaan. Squee, tupai robot elektronik diciptakan.
1959 - dibantu komputer manufacturingg telah didemonstrasikan di Servomechanisms Lab di MIT.
1961 - robot industri pertama saja online dalam pabrik mobil General Motors di New Jersey. Itu disebut UNIMATE.
1963 - pertama buatan tangan robot dikontrol oleh komputer dirancang. The Rancho Arm ini dirancang sebagai alat bagi penyandang cacat dan enam sendi memberikan fleksibilitas lengan manusia.
1965 - DENDRAL adalah sistem pakar pertama atau program yang dirancang untuk melaksanakan akumulasi pengetahuan dari subjek ahli.
1968 - The gurita-seperti Lengan Tentakel ini dikembangkan oleh Marvin Minsky.
1969 - The Stanford Lengan adalah yang pertama bertenaga listrik, komputer lengan robot yang dikendalikan.
1970 - Shakey diperkenalkan sebagai ponsel pertama robot yang dikendalikan oleh intellence buatan. Itu dihasilkan oleh SRI International.
1974 - Sebuah robot lengan (Lengan Perak) yang melakukan perakitan bagian-bagian kecil dengan menggunakan sentuhan dan umpan balik dari sensor tekanan dirancang.
1979 - Kereta Standford menyeberangi sebuah ruangan penuh kursi tanpa bantuan manusia. Gerobak punya kamera tv yang terpasang pada rel yang mengambil gambar dari berbagai sudut dan menyampaikan mereka ke komputer. Komputer menganalisis jarak antara kereta dan hambatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar