Minggu, 07 Februari 2010

PENEMUAN-PENEMUAN TERPENTING DI DUNIA SEPANJANG MASA BIDANG EVOLUSI

1. KT Asteroid Theory of Dinosaur Extinction (1980)
Walter Alvarez mendalilkan bahwa tingkat tinggi iridium ditemukan di inti batuan sampel di seluruh dunia memberikan bukti bahwa dampak sebuah asteroid menyebabkan kepunahan dinosaurus. Iridium, mineral yang umum ditemukan di asteroid, ditemukan di lapisan tanah liat pada apa yang dikenal sebagai batas KT. Lapisan ini, pada 65 juta tahun, terletak di antara bebatuan dari periode Kapur dan periode Tersier dan bertepatan dengan kepunahan massal dinosaurus.

2. Pertama Dinosaur Fossils Identified (1820-an - 1840-an)
Tahun 1822, ahli geologi William Buckland menyingkap beberapa gigi sangat besar di Inggris. Pada waktu itu, tidak ada kata untuk menggambarkan menemukan. Dua puluh tahun kemudian, pada tahun 1842, Sir Richard Owen muncul dengan kata "dinosaurus" untuk menggambarkan beberapa makhluk yang spektakuler fosil ditemukan di seluruh Inggris. Megalosaurus adalah dinosaurus pertama yang pernah bernama.

3. Potensi for Life Dibuat (1953)
Mahasiswa pascasarjana Stanley Miller, menggabungkan ide-ide dari para ilmuwan lain, mereproduksi atmosfer awal Bumi dengan menciptakan sebuah ruangan yang hanya berisi hidrogen, air, metana dan amonia. Dia mendidih air dan memaparkan unsur-unsur untuk pengeluaran muatan listrik seperti kilat, simulasi proses awal Bumi. Setelah seminggu, Miller menemukan senyawa organik telah terbentuk, termasuk beberapa asam amino, yang "blok bangunan kehidupan."

4. New Life-bentuk Ditemukan Sekitar hidrotermal Vents (1977)
Bob Ballard dan awak kapal selam baru yang menakjubkan Alvin menemukan bentuk kehidupan yang hidup sepenuhnya independen dari energi matahari di laut dalam, hidrotermal vents. Geyser bawah ini membentuk gunung berapi di sepanjang pegunungan tengah laut, di mana air laut yang dingin menembus ke dalam retakan di kerak bumi. Memanaskan air kembali naik dan ventilasi air panas dingin bercampur dengan air laut laut-bawah, membuat bulu-bulu meningkat hangat, cairan hitam penuh dengan partikel mineral. Dukungan bahan-bahan kimia yang berkembang ekosistem di dasar laut.

5. The Burgess shale (1909)
Charles Walcott mengekspos seorang ibu lapisan dari fosil Kambrium tinggi di Pegunungan Rocky Kanada, menyediakan sekilas apa yang kehidupan seperti di Bumi lebih dari 500 juta tahun yang lalu. Dia mengumpulkan lebih dari 65.000 spesimen dan mengklasifikasikan masing-masing, menemukan bahwa leluhur fosil binatang hidup.

6. Klasifikasi of Species (1735)
Carl Linnaeus, yang dianggap sebagai "bapak taksonomi," mengembangkan sebuah sistem untuk memberi nama, peringkat dan mengklasifikasi semua bentuk kehidupan yang masih digunakan sampai sekarang (walaupun banyak perubahan yang telah dibuat). Sistem yang Linnaean, didasarkan pada kesamaan karakteristik fisik, menggunakan sebuah hirarki dimulai dengan kerajaan dibagi ke dalam kelas, kemudian ke dalam perintah, keluarga, marga dan spesies.

7. Teori seleksi alam (1858)
Charles Darwin menerbitkan On the Origin of Species by Means of Natural Selection, di mana ia tantangan kontemporer keyakinan tentang penciptaan kehidupan di Bumi. Darwin pernah menjabat sebagai naturalis yang belum dibayar pada HMS Beagle, yang berangkat pada lima tahun ekspedisi ilmiah ke pantai Pasifik Amerika Selatan pada awal 1832. Dengan data yang dikumpulkan pada ekspedisi, terutama spesimen dari Kepulauan Galapagos, adalah inspirasi bagi teori-teorinya tentang evolusi melalui mekanisme seleksi alam. Karyanya telah di pusat kontroversi sejak itu diterbitkan.

8. Australopithecus afarensis atau "Lucy" (1974)
Donald Johanson menemukan kerangka parsial dari tahun 3,2 juta wanita berusia hominid di Ethiopia. Johnson Dubs temuannya "Lucy" setelah The Beatles 'lagu Lucy in the Sky With Diamonds, yang sedang bermain di radio sebagai tim merayakan temukan.

9. Laetoli Footprints (1978)
Sebuah tim yang dipimpin oleh Mary Leaky menemukan fosil Australopithecus jejak kaki di Laetoli, Tanzania. Jejak kaki, tanggal menjadi 3,5 juta tahun yang lalu, terbentuk ketika dua individu berjalan basah abu vulkanik yang mengeras seperti semen. Nenek moyang manusia ini telah sempurna, berkaki dua langkah, yang menunjukkan bahwa hominid berjalan tegak.

10. Toumai tengkorak (2002)
Michel Brunet menggali fosil hominid tertua to-date di padang pasir Afrika tengah bangsa Chad. Fragmen 6 ini 7 juta untuk tahun tengkorak, dengan karakteristik menyerupai manusia, ditemukan di luar timur dan selatan Afrika, menunjukkan evolusi manusia mungkin telah terjadi di seluruh benua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar